Minggu, 05 Desember 2010

Mengenal Indonesia

Indonesia adalah negara yang berpenduduk terpadat ke lima di dunia. Negara ini memiliki 17.508 buah pulau walaupun hanya 6000 dari pulau-pulau ini yang berpenghuni.

Luas total area Indonesia adalah kira-kira 767.777 mil persegi. Berpenduduk sekitar 200 juta orang dan terdiri dari 300 suku bangsa yang diperkirakan memiliki 583 bahasa dan dialek.

Di antara pulau-pulau ini, pulau Sumatra adalah salah satu pulau yang terpenting. Bukit Barisan adalah barisan pegunungan yang membentang di sebelah Barat pulau ini. Pegunungan ini memiliki sekitar 93 gunung vulkanik yang 15 di antaranya masih aktif.

Pulau Sumatra juga kaya akan kehidupan satwanya. Diperkirakan ada sekitar 176 jenis mamalia, 62 hewan jenis amfibi dan 150 jenis burung yang tinggal di pulau ini, menjadikan pulau ini sebagai anugerah alam yang mewah.

Sebagian dari Pulau Kalimantan di Indonesia adalah milik Malaysia. Objek turisme di sini belum terlalu berkembang sehingga pulau ini belum menjadi salah satu tempat favorit turis mancanegara.

Irian Jaya di sebelah Timur Indonesia adalah propinsi yang masih jarang dikunjungi di Indonesia. Daerah ini berada belahan Barat Pulau New Guinea dan menempati setengah dari pulau ini.

IndonesiaKeadaan cuaca yang sedang dan cukup sejuk di banyak tempat di negara ini menyebabkan Indonesia cukup nikmat bagi para turis yang berkunjung. Turis yang mengunjungi Indonesia dari berbagai tempat di dunia selalu mendapati cuaca di Indonesia cocok untuk mereka.

Dengan adanya undang-undang di Indonesia yang mengakui kebebasan beragama, di Indonesia terdapat campuran berbagai agama dan keyakinan yang berbeda seperti Hindu, Kristen, Budha dan Islam. 87% dari penduduk Indonesia beragama Islam.

Penduduk Indonesia terdiri dari banyak suku, seperti suku Bali, suku Jawa, suku Dayak dan sebagainya.

Setiap suku di Indonesia memiliki adat budaya dan kebiasaan sendiri-sendiri. Setiap suku memiliki pula festival dan ritual yang berbeda-beda yang di rayakan setiap tahun dan merupakan hal yang menarik bagi para pengunjung dari seluruh dunia.

Bahasa resmi bangsa Indonesia adalah Bahasa Indonesia tetapi terdapat banyak dialek di tempat-tempat yang berbeda di Indonesia. Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang paling dikenal di Indonesia.

Banyak hal-hal yang unik dalam gaya hidup dan kebiasaan bangsa Indonesia, seperti berdiri dengan bertolak pinggang di Indonesia masih dianggap tidak sopan. Sebaiknya jangan menunjukkan kelakuan agresif pada saat berkomunikasi dengan orang Indonesia.

Seorang tamu selalu menunggu undangan dari tuan rumah sebelum memulai minum atau makan. Sebelum memasuki kuil tempat sembahyang atau candi perlu memakai kain yang menutupi pinggang sampai lutut. Menunjuk sesuatu dengan jari adalah tindakan tidak sopan demikian pula menunjuk sesuatu dengan kaki.

Menerima atau memberi dengan tangan kiri dianggap tidak sopan demikian pula makan dengan tangan kiri karena tangan kiri dianggap bagian yang kurang bersih.

Bagi siapa saja yang mengunjungi Indonesia untuk pertama kali pastilah akan terpesona dengan budaya dan seni Indonesia yang beragam dan unik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar